10 Fakta Terselubung Hari Bumi (Earth Day) yang Ingin Anda Ketahui (Video + Foto)

Kenapa sih Hari Bumi diperingati setiap tanggal 22 April? Fakta ini cukup unik dan mengejutkan. Temukan jawabannya di fakta pertama.

Hari Bumi atau lazim juga dikenal dengan sebutan “Earth Day”, diperingati pada tanggal 22 April setiap tahun. Tahukah Anda apa itu Hari Bumi? Hari Bumi adalah sebuah hari peringatan internasional yang dikoordinasi oleh sebuah badan internasional yang bernama Earth Day Network  yang bertujuan untuk menunjukkan dukungan dan meningkatkan kesadaran terhadap perlindungan lingkungan hidup.

Hari Bumi (Earth Day) diperingati pertama kali pada 22 April 1970. Penggagas Hari Bumi kala itu adalah Gaylord Nelson. Beliau adalah senator Amerika Serikat dan juga pengajar lingkungan hidup. Sekarang ini lebih dari 192 negara ikut serta memperingati hari bumi setiap tahunnya.

Ira Einhorn – seorang aktivis perdamaian, berorasi pada peringatan Hari Bumi yang pertama (22 April 1970) di Philadelphia, Amerika Serikat.
Peringatan Hari Bumi pertama ini diikuti kurang lebih 20 juta warga negara Amerika Serikat.

earth day pertama pada 22 april 1970

Ada beberapa info unik yang terselubung terkait Hari Bumi.

Apa itu? cekidot di bawah ini:

1. Kenapa sih Hari Bumi diperingati setiap tanggal 22 April? kenapa kok tanggal 22 April? ternyata oh ternyata… konon katanya 22 April dipilih karena itu adalah hari lahirnya Vladimir Lenin, pendiri negara Uni Soviet.

Alexander Marriott menulis di Capitalism Magazine, menjelaskan korelasi antara Lenin dan Hari Bumi yang diperingati setiap tanggal 22 April tersebut.

Think of the parallels between Lenin and environmentalists. Lenin once said that, “It is true that liberty is precious; so precious that it must be carefully rationed.” Environmentalists second this wholeheartedly when they restrict the ownership and control of private property through the guise of saving the environment. The Endangered Species Act is used voluminously to take the property of anyone if an endangered species is living on it. President Clinton cordoned off thousands upon thousands of acres of land in the form of national parks with the alleged concern of saving the natural resources thereon from development. The federal government now controls nearly forty percent of all land in the continental United States. Lenin’s goal was to destroy private property and this goal is obviously shared by environmentalists.

Coba perhatikan 2 kalimat terakhir Alexander Marriot di atas. Dapat kita pahami bahwa salah satu sisi tujuan filosofis Hari Bumi adalah perlawanan terhadap kapitalis yang mengeruk sumber daya alam sehingga membuat lingkungan hidup dan alam menjadi rusak.

Kathleen Rogers, presiden Earth Day Network, badan internasional Hari Bumi, membantah rumor tersebut. Dia mengatakan bahwa 22 April tersebut dipilih karena pada saat itu (tahun 1970) adalah waktu yang sangat tepat. Pada saat itu bertepatan dengan musim semi di Northern Hemisphere (belahan bumi utara), sedangkan belahan bumi selatan mengalami musim gugur. Sehingga sangat tepat untuk menggerakkan orang-orang, terutama mahasiswa ikut serta. “It worked out perfectly, because everybody was at work and they all left,” kata bu Kathleen Rogers.

Komentar saya (penulis) terhadap pernyataan Kathleen Rogers… “Hmmm… Hmmm… oh yaaa?” :)

 

2. Hari Bumi memiliki bendera loh. Namanya “Earth Day Flag”. Bendera Hari Bumi ini dibuat oleh John McConnell. Beliau adalah seorang aktivis perdamaian.

 

Ini dia penampakan bendera Hari Bumi.

bendera hari bumi earthday flag

 

John McConnel bersama bendera Hari Bumi karyanya.

john mcconnel bersama bendera hari bumi
3. Hari Bumi dirayakan oleh lebih dari 1 miliar manusia di 192 negara. Jadilah ia hari raya sekuler (non keagamaan) terbesar di dunia.

 

1 miliar manusia memperingati Hari Bumi? wow!

haribumi-earthday

 

4. Pada tahun 2009, PBB mengubah nama “Earth Day” menjadi “International Mother Earth Day“. Nama ini tidak populer, baik di Amerika Serikat maupun di seluruh dunia.

Earth Day = nama yang bagus, dan simpel.

International Mother Earth Day = ribet! :)

 

5. Walt Disney merilis sebuah film dokumentari yang berjudul “Earth” pada peringatan Hari Bumi tahun 2009. Film dokumentari ini adalah salah satu dokumentari terbaik yang pernah dibuat.

 

Salah satu adegan epic di “Earth”. Anak itik terjun bebas dari pohon!

adegan epic di earth movie

“Earth” movie trailer (amazing banget!)

Eh.. tunggu! ada satu film lagi yang berjudul “Oceans” yang memiliki korelasi dengan film “Earth” di atas. Nonton sebentar yuk…

Sukses dengan dua film dokumenter di atas, pada Hari Bumi 2014 ini Disney kembali merilis sebuah film yang berjudul “Bears” yang menceritakan kehidupan keluarga beruang yang lucu.

Ini dia trailer film “Bears” tersebut:

6. Al Gore, seorang aktivis lingkungan kelas dunia dan juga mantan wakil presiden Amerika Serikat. Al Gore ketika menjabat sebagai wakil presiden, beliau merilis program GLOBE pada Hari Bumi tahun 1994. Program GLOBE adalah program ilmu pengetahuan dan pendidikan khusus untuk lingkungan hidup.

 

Al Gore – An Inconvenient Truth

Al Gore An Inconvenient Truth

Fakta terselubung:
Al Gore ini adalah seorang aktivis lingkungan kelas dunia yang ke-aktivisannya tersebut diperkuat pada momentum peringatan Hari Bumi yang pertama. Ini diakui sendiri oleh Al Gore pada sebuah wawancara dengan New York Times.

Satu hal yang saya ingat jika nama Al Gore disebut adalah film dokumenter yang sangat fenomenal “An Inconvenient Truth”. Sebuah film dokumenter yang luar biasa menginspirasi para aktivis dan semua pecinta lingkungan hidup.

Ayo nonton trailer An Inconvenient Truth sejenak yuk!

 

7. Kegiatan yang nge-trend setiap kali peringatan Hari Bumi adalah: menanam pohon (reboisasi), membersihkan sampah, membersihkan terumbu karang, dan menandatangani petisi.

 

8. Hari Bumi tahun 2012 di China dirayakan oleh 100.000 orang dengan mengendarai sepeda, sebagai gerakan hemat bahan bakar dan mengurangi emisi CO2 dari kendaraan.

Namun apa kata aktivis Anti Earth Day tentang China? mari kita simak kartun uniknya di bawah ini:

 

Satire banget!

anti earthday china

 

9. Para ahli memperkirakan akan terjadi hujan meteor pada Hari Bumi 2014. Dan ternyata perkiraan tersebut nampaknya menjadi kenyataan. USA Today memberitakan tentang Lyrid meteor shower ini di usatoday.com

 

Seperti inilah hujan meteor itu.

meteor shower hujan meteor

 

 

Lyrid meteor shower di USA TODAY

10. NASA berpartipasi pada Hari Bumi 2014 dengan mengadakan #GlobalSelfie event. NASA mengajak orang-orang mengambil foto selfie mereka di alam (luar ruangan) dan meminta mereka untuk mempostingnya di media sosial dengan memasang hashtag #GlobalSelfie.

 

Ini salah satu foto peserta #GlobalSelfie yang sudah mejeng di Twitter.

#globalselfie by NASA

 

BONUS :)

white friday

 

Semoga info dan fakta Hari Bumi ini bermanfaat untuk kita semua. Silakan ikuti penulis di Google+ atau bergabung di FB Info Unik Banghen.com, klik di sini untuk mendapatkan update informasi unik bermanfaat.

 

Kata kunci:

fakta terselubung, fakta menarik tentang hari bumi, fakta unik hari bumi, vladimir lenin fakta, Info unik tentang hari bumi, fakta earth day...

(Visited 246 times, 3 visits today)

Hendri Syahrial

Hendri Syahrial, seorang webpreneur di Yufid, sebuah startup teknologi dan pendidikan di Indonesia. Sekarang sedang belajar menulis. Ikuti Hendri Syahrial di Google+

You may also like...

2 Responses

  1. angkisland says:

    wah keren mas selalu suka pesan” hikmah di endingnya…

  1. April 25, 2014

    […] bermanfaat. Ikuti terus info ilmiah dan unik banghen.com dengan bergabung di halaman Facebook info unik dan atau Google+ […]

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *