Kisah Menginspirasi Islam: Keledai pun tak mau…

Kisah Inspiratif dalam Islam: Menginspirasi dan Menggugah Jiwa

Sebuah kisah mengagumkan pernah diceritakan oleh Imam Ibnu Katsir -semoga Allah merahmatinya- tatkala beliau menyebutkan biografi Syaikh Muhammad bin Mansur al-Qobbaari -semoga Allah merahmatinya-:

Syaikh Muhammad bin Mansur al-Qobbaari tinggal di kebun miliknya. Beliau mencari nafkah dengan bercocok tanam di kebunnya tersebut. Beliau seorang yang sangat menjaga diri dari maksiat dan memakan yang haram. Beliau berikan hasil panen kebun miliknya itu kepada orang yang membutuhkan. Beliau selalu menyeru manusia kepada kebaikan, dan mencegah dari perbuatan dosa.

Syaikh Muhammad bin Mansur al-Qobbaari memiliki kisah yang sungguh unik. Di antaranya adalah: Beliau pernah menjual keledai miliknya kepada seorang laki-laki. Setelah berlalu beberapa hari, laki-laki tersebut datang kembali menemui Syaikh Muhammad. Laki-laki tersebut berkata kepada Syaikh Muhammad: “Wahai Tuan, sungguh keledai yang saya beli dari Tuan tidak mau memakan makanan yang aku berikan padanya.” 

Syaikh Muhammad menatap laki-laki itu, lalu berkata: “Kamu berikan makanan apa keledai tersebut?”,  “Apa pekerjaanmu?” 

Lelaki tersebut menjawab: “Saya seorang penari.”

Syaikh Muhammad lalu berkata: “Sesungguhnya keledai kami tidak mau memakan makanan yang haram!”

Syaikh Muhammad kemudian masuk rumah, mengambil uang jual beli keledai tersebut, lalu mengembalikannya kepada laki-laki itu. (al-Bidaayah wan Nihaayah)

*Diterjemah secara bebas oleh banghen | murojaah oleh ustadz Ammi Nur Baits (www.KonsultasiSyariah.com | www.KisahMuslim.com | www.Yufid.tv | www.Kajian.net)

*Udah tau kan kalo artikel-artikel Ramadhan ada banyak banget di www.yufid.com?

kisah inspiratif islam nyata

NASKAH ASLI KISAH MENGINSPIRASI INI

ﺩﺍﺑﺔ ﻻ ﺗﺄﻛﻞ ﺍﻟﺤﺮﺍﻡ


ﻗﺼﺔ ﻋﺠﻴﺒﺔ ﺫﻛﺮﻫﺎ ﺍﻹﻣﺎﻡ ﺍﺑﻦ ﻛﺜﻴﺮ ﺭﺣﻤﻪ ﺍﻟﻠﻪ ﻓﻲ ﺗﺮﺟﻤﺔ ﺍﻟﺸﻴﺦ ﻣﺤﻤﺪ ﺑﻦ ﻣﻨﺼﻮﺭ ﺍﻟﻘﺒﺎﺭﻱ ﺭﺣﻤﻪ ﺍﻟﻠﻪ
.
#ﻗــﺎﻝ : ﻛﺎﻥ ﻣﻘﻴﻤﺎ ﺑﻐﻴﻂ ﻟﻪ ﻳﻘﺘﺎﺕ ﻣﻨﻪ ﻭﻳﻌﻤﻞ ﻓﻴﻪ ﻭﻳﺒﺪﺭﻩ، ﻭﻳﺘﻮﺭﻉ ﺟﺪﺍ، ﻭﻳﻄﻌﻢ ﺍﻟﻨﺎﺱ ﻣﻦ ﺛﻤﺎﺭﻩ، ﻭﻛﺎﻥ ﻳﺄﻣﺮ ﺑﺎﻟﻤﻌﺮﻭﻑ، ﻭﻳﻨﻬﻰ ﻋﻦ ﺍﻟﻤﻨﻜﺮ، ﻭﻣﻦ ﻏﺮﻳﺐ ﻣﺎ ﺣﻜﻲ ﻋﻨﻪ :
ﺃﻧﻪ ﺑﺎﻉ ﺩﺍﺑﺔ ﻟﻪ ﻣﻦ ﺭﺟﻞ ﻓﻠﻤﺎ ﻛﺎﻥ ﺑﻌﺪ ﺃﻳﺎﻡ ﺟﺎﺀﻩ ﺍﻟﺮﺟﻞ ﻓﻘﺎﻝ:
ﻳﺎﺳﻴﺪﻱ ﺇﻥ ﺍﻟﺪﺍﺑﺔ ﻻ ﺗﺄﻛﻞ ﻋﻨﺪﻱ ﺷﻴﺌﺎ.
ﻓﻨﻈﺮ ﺇﻟﻴﻪ ﺍﻟﺸﻴﺦ ﻓﻘﺎﻝ ﻟﻪ : ﻣﺎ ﺗﻌﺎﻧﻲ ﻣﻦ ﺍﻟﺼﻨﺎﺋﻊ _ ﻣﺎﺫﺍ ﺗﻌﻤﻞ ﻣﻦ ﻣﻬﻨﺔ_؟
ﻓﻘﺎﻝ: ﺭﻗﺎﺹ ﻋﻨﺪ ﺍﻟﻮﺍﻟﻲ .
ﻓﻘﺎﻝ: ﺇﻥ ﺩﺍﺑﺘﻨﺎ ﻻ ﺗﺄﻛﻞ ﺍﻟﺤﺮﺍﻡ. ﻭﺩﺧﻞ ﻣﻨﺰﻟﻪ ﻓﺄﻋﻄﺎﻩ ﺩﺭﺍﻫﻤﻪ
.
__
‏ﺍﻟﺒﺪﺍﻳﺔ ﻭﺍﻟﻨﻬﺎﻳﺔ ‏( 17/456 ‏) ‏


Nonton dulu yuk ^^

Ini adalah random video dari channel youtube.com/banghencom
Yuk klik tombol subscribe ini untuk mendapat info video terbaru ^^


Kata kunci:

kabah live, foto sepatu terbagus di indonesia, kumpulan vido bugil anak kecil, indomaret game theory, zikir kumohon ampun darimu ya allah mp3, kisah mengapa keldai haram...

Terbukti Pria Berjenggot itu Memang Keren dan Menyenangkan! (VIDEO)

Tak bisa dipungkiri fakta bahwa pria berjenggot itu lebih keren, sehat, dan menyenangkan. Satu lagi fakta bahwa jenggot itu adalah “identitas seorang pria sejati”. Identitas seorang pria muslim yang cinta Nabinya shallallahu ‘alaihi wa sallam, yang ketika Nabinya menyuruh memanjangkan jenggot, langsung deh panjangin jenggot, sami’na wa atho’na. Lagian kan setiap perintah Nabi pasti mengandung maslahat yang juga keren-keren.

Jenggot, selain menjadi identitas pria muslim sejati, juga identitas seorang ayah yang keren, lucu, dan imut loh. Kok bisa? yuk nonton video lucu di bawah ini dulu.

Di video tersebut, tampak seorang anak perempuan yang sedang bermain cilukba (peek-a-boo) dengan ayahnya yang berjenggot. Anak perempuan tersebut terlihat senang sekali bermain cilukba dengan ayahnya, setiap kali ayahnya cilukba seketika itu pula terdengar derai tawa gembira sang anak. Menyenangkan sekali kelihatannya…

Tak selang berapa lama, ayahnya bilang bahwa dia akan pergi dulu sebentar dan akan kembali lagi buat bermain cilukba. Ayahnya pergi mau ngapain?

Sang ayah pergi sebentar untuk mencukur jenggotnya. Mungkin niat awal sang ayah mencukur jenggot adalah untuk memberikan kejutan yang menyenangkan buat sang putri tercinta. Ternyata kejutan menyenangkan yang direncanakan berubah menjadi kejutan yang cukup membuat sang anak perempuan tersebut trauma. Sang putri kaget luar biasa ketika dia mendapati ternyata ayahnya sudah tidak lagi berjenggot. Ayahnya sekarang seakan-akan bukan ayahnya lagi. Pecahlah tangis sang putri tercinta. Pupus sudah kebahagiaan sang putri. Bergantilah kebahagiaan menjadi kesedihan. Bergantilah tawa gembira menjadi tangis kesedihan. Wahai ayah.. plis jangan cukur jenggotmu… *lebay*

pria berjenggot keren

 

Kata kunci:

animasi pria sejati, GAMBAR SEPATU HAIHILS TERINDAH, kata2 ttg pria berjenggot, youtube video dakwah, foto animasi berjangkut, foto animasi berjenggot...

Awas Bahaya! Ada Zat Tambahan Makanan yang Haram di Sekitar Anda

Yuk waspadai zat tambahan makanan (aditif makanan) yang berbahaya dan haram!

Zat tambahan makanan atau aditif makanan adalah bahan tertentu yang ditambahkan ke dalam makanan dalam jumlah kecil, dengan tujuan agar terlihat menarik, memperkaya cita rasa, memperbaiki dan mempercantik tekstur, dan agar awet sehingga bisa disimpan dalam waktu lama.

Ada 2 jenis zat tambahan makanan atau aditif makanan:

1. Zat tambahan makanan (aditif makanan) buatan atau sintetis.

Zat tambahan makanan sintesis adalah zat aditif makanan yang dihasilkan melalui proses pembuatan terlebih dahulu di laboratorium dan industri. Zat aditif makanan buatan (sintesis) ini dibuat dari bahan-bahan kimia yang sifatnya mirip dengan bahan alami yang sejenis.

Zat tambahan makanan sintesis dapat dibuat dalam jumlah yang banyak, hanya dibutuhkan takaran yang sedikit ketika akan digunakan sehingga lebih efektif dan efisien, bahannya lebih awet dan bikin awet tentunya (awet dan mengawetkan) dalam waktu yang lama sehingga lebih menguntungkan dari sisi ekonomi.

Namun, zat tambahan makanan sintesis buatan ini di sisi lain juga beresiko merugikan apabila dikonsumsi dalam kadar yang berlebihan dan terus menerus, diantaranya dapat menyebabkan resiko penyakit kanker dan berbagai macam resiko penyakit lainnya.

Pelajari lebih lanjut tentang zat tambahan makanan buatan

Untuk mengetahui lebih detail, Anda boleh membaca tulisan lengkap tentang zat tambahan makanan buatan (sintesis) pada link ini.

Zat tambahan makanan (aditif makanan) haram jauh lebih berbahaya!

Satu hal lagi, yang harus lebih diwaspadai adalah zat tambahan (aditif) makanan yang haram. Zat aditif makanan ini umumnya dibuat secara sintesis dengan menggunakan bahan yang haram. Sudahlah sintesis haram pula!

Mengapa kita harus waspada terhadap zat tambahan makanan yang haram?

Makanan yang haram memiliki pengaruh yang jelek dan merugikan. Diantaranya: do’a yang tidak dikabulkan, menjadi malas melakukan amal baik dan sholeh, mudah terkena penyakit, tidak berkah pada kehidupan pribadi, tidak berkah pula pada kehidupan keluarga (anak dan istri mudah membangkang), terancam neraka pada hari kiamat.

Berikut ini daftar zat tambahan (aditif) makanan haram yang harus Anda waspadai:

E120

E140

E141

E252

E422

E430

E431

E440

E470

E471

E472 (a,b,c,d)

E473

E475

E477

E478

E482

E483

E492

E494

476

542

570

572

631

635

901

OXYSTEARIN

PEPSIN

GLYCEROL

GLYCINE

GELATINE

STABILIZER

STEARIC ACID

LARD MAGNESIUM STEARATE

RENNET (CHEESE)

SHORTENING (ANIMAL)

Keterangan:
E = Emulsifier

zat tambahan makanan haram berbahaya

Background Image Designed by Freepik

Zat tambahan makanan di bawah ini tidak diketahui asal-usulnya. Patut untuk diwaspadai. Sebaiknya tidak digunakan.

 

CHOLESTEROL

DIGLYCERIDE

GELATIN

HORMONES

MONO GLYCERIDES

ANIMAL OR LARD SHORTENING

VEGETABLE SHORTENING

ANTIOXIDANT

CALCIUM STEAROYL LACTYLATE

GUM TRAGACANIN

LECITHIN

POLYSORBATE 60/80

PROPYLENE GLYCOL

ALGINATE/MONO STEARATE

SODIUM LAURYL SULFATE

SODIUM STEARATE/STEARCYL-2 LACTYLATE

SORBITAN MONOSTEARATE

VANILLA

VANILLIN

WHEY (apabila dipergunakan enzyme)

YEAST (apabila menghasilkan alcohol selama masa fermentasi)

Waspada!

  1. Lemak dan minyak tumbuhan yang tidak berlabel 100% murni, tidak ada jaminan tidak adanya penambahan 5 – 15% lemak binatang. Sebaiknya ini dihindari. Jangan digunakan dalam rangka berhati-hati.
  2. Apabila zat tambahan makanan dihasilkan dari binatang yang disembelih dengan cara halal, atau dari tumbuhan, atau asli sintesis yang halal, maka adalah halal. Namun apabila diketahui disembelih dengan cara haram maka tentu saja haram. Jika ragu-ragu maka sebaiknya hindari dan tinggalkan.
  3. Produk yang tidak memiliki label halal belum tentu haram. Namun, saya pribadi selalu melihat label halal pada kemasan produk makanan ketika membeli, dan saya selalu tidak jadi beli jika tidak menemukan label halal pada kemasan produk. Saya selalu mengingatkan istri dan anak-anak saya untuk selalu cek label halal ini. Ini dalam rangka berhati-hati.
  4. Sebelum membeli, cek dan teliti produk yang akan Anda beli. Jika Anda menemukan kode seperti kode di atas maka sebaiknya Anda berhati-hati dan hindari. Upaya ini adalah semata-mata untuk menjaga diri Anda dan keluarga dari makanan haram atau minimal diragukan halal dan haramnya. Ini kita lakukan untuk meraih ridho Allah. Meraih ridho Allah dan kecintaan Allah lebih penting dibandingkan selera kita.

Awas, babi ada di mana-mana!

Video di bawah ini cukup mengejutkan saya. Sebelum menontonnya, Anda harus sadari bahwa zat tambahan makanan yang haram tidak hanya dikaitkan dengan babi saja. Babi hanya salah satunya.

NB: Maaf, video di atas ada aurat yang terbuka. Saya tampilkan karena kontennya penting dan otentik. Mohon untuk menundukkan pandangan Anda.

2. Zat tambahan makanan (aditif makanan) yang alami

Zat tambahan makanan (aditif makanan) yang alami yaitu zat tambahan makanan (aditif makanan) yang diperoleh dari alam, dibuat secara alami tanpa proses secara sintesis.

Pewarna

Contohnya adalah wortel yang digunakan sebagai zat pemberi warna oranye pada pembuatan selai nanas.

Contoh yang lainnya adalah kunyit sebagai zat pemberi warna kuning pada nasi kuning. Terkadang kunyit juga digunakan sebagai bahan pengolah daging ayam untuk menghilangkan bau amis dan juga untuk menambah rasa yang unik.

Selain wortel dan kunyit, juga ada jenis zat tambahan (aditif) makanan alami lainnya. Seperti daun suji untuk memberi warna hijau pada makanan, dan daun pandan untuk pengharum makanan.

Banyak orang yang bingung membedakan daun suji dan daun pandan, apalagi ketika keduanya sudah dipetik. Daun suji adalah tanaman perdu yang dapat tumbuh hingga ketinggian 8 meter. Berbeda dengan pandan yang tingginya hanya 4 meter.

beda daun suji dan daun pandan

Pemanis

Ada juga gula tebu sebagai pemanis dan pengawet alami. Gula aren (terbuat dari nira pohon aren atau enau) dan gula jawa atau gula merah (terbuat dari nira pohon kelapa), juga ada madu sebagai pemanis.

pohon aren dan pohon kelapa

Pengawet

Garam dapur digunakan sebagai pengawet karena garam dapur dapat menyerap kandungan air dalam makanan (higroskopis). Lihat saja ikan asin yang awet selama bertahun-tahun dengan menggunakan garam.

Bawang putih mengandung allicin yang dapat menghambat pertumbuhan bakteri sehingga digunakan sebagai pengawet.

Asam cuka (asam asetat) bersifat asam, dapat membunuh bakteri pada makanan.

Penyedap

Garam dapur selain digunakan untuk bahan pengawet juga digunakan sehari-hari di dapur sebagai penyedap makanan.

Bawang putih juga digunakan sebagai penyedap makanan selain sebagai pengawet.

Cabe membuat lauk pauk menjadi sedap. Tidak dipungkiri :)

Gula adalah zat penyedap alami pengganti MSG.

Dan ada banyak lagi zat tambahan makanan alami lainnya.

Anda boleh LIKE dan SHARE informasi ini untuk menyebarkan manfaatnya pada teman dan saudara Anda :)

***

Referensi:

  • https://rumaysho.com/2185-pengaruh-makanan-yang-haram.html
  • https://rumaysho.com/814-hukum-mengkonsumsi-makanan-yang-tercampur-rhum.html
  • http://www.hidayatullah.com/iptekes/kesehatan/read/2011/03/22/1142/kode-e-pada-makanan-babi.html
  • http://virgianidinihappy.blogspot.co.id/2012/12/info-zat-zat-haram-pada-bahan-tambahan.html
  • https://id.wikipedia.org/wiki/Aditif_makanan
  • https://special.worldofislam.info/Food/numbers.html
  • http://www.halalindia.co.in/ecode.html
  • http://www.muslimconsumergroup.com/e-numbers_list.html
  • http://halalmalaysia.net/HALAL_E-CODES.php
  • http://www.mailofislam.com/e-codes.html
  • http://www.islamforlife.co.uk/haram%20list.htm
  • http://www.halalmui.org/newMUI/index.php/main/detil_page/8/1412/30/1
  • http://halalcertification.ie/halal/halal-food-guidelines/
  • http://www.artikelsiana.com/2014/10/macam-macam-zat-adiktif-makan-kegunaan-contoh.html

Kata kunci:

perbedaan daun suji dan daun pandan, contoh makanan menggunakan bahan tambahan pangan haram, daun suji, beda daun suji dan pandan, contoh zat adiktif yang haram, zat haram dalam makanan...

Awas! Ada Riba di Jasa Tukar Uang Baru Lebaran (VIDEO)

Tak disangka, ternyata ada riba pada jasa tukar uang baru lebaran.

“Jasa” tukar uang baru lebaran adalah bisnis yang trending di setiap tahunnya di kota-kota besar di Indonesia. Demand dan kebutuhan terhadap uang baru meningkat menjelang lebaran. Orang-orang menukar uang yang lama dengan uang yang baru untuk nantinya dijadikan hadiah bagi keluarga dan sanak saudara. Setiap ada demand dan kebutuhan maka di situlah ada peluang bisnis. Katanya sih ini “jasa”, namun pada hakikatnya ini adalah “jual beli uang”. Business is business… iya donk!

jasa penukaran uang baru lebaran

Masalahnya…

Yang jadi masalah, jual beli ini dilakukan pada mata uang yang sama; rupiah dengan rupiah, dengan mengambil untung dari selisih nilai tukar, yang katanya sih ini adalah “jasa”. Nah, kelebihan inilah RIBA. Padahal aturan syariat yang seharusnya untuk tukar menukar uang pada mata uang yang sama haruslah:

  1. Nilainya harus sama. Rp 10.000,- haruslah ditukar dengan 2 lembar Rp 5.000,-, atau 10 lembar Rp 1.000,-
  2. Tunai. Harus ditukar pada saat itu juga dan tidak boleh tertunda atau disusul besok penyerahannya.

Beda cerita jika rupiah ditukar dengan dolar atau mata uang asing lainnya. Ini harus tunai, meskipun jumlahnya berbeda. Misal, $5 ditukar dengan Rp 69.000. Ini boleh, yang penting tunai.

Di bawah ini ada video yang menjelaskan tentang permasalahan ini secara ringkas, padat, dan simpel.

Yuk belajar lagi…

Jika Anda baru tahu tentang fakta di atas, sama, saya juga baru tahu. Yuk belajar lagi. Anda boleh baca-baca beberapa artikel di bawah ini:

  1. Jual Beli Mata Uang
  2. Jual Beli Uang Lebaran

Semoga bermanfaat…

Anda boleh Like & Share artikel ini apabila bermanfaat :)

 

Kata kunci:

awas terjerat riba lebaran...

Fakta Terselubung: Mau Kerja di Bank? Mending Nonton Video Ini Dulu

Mau Kerja di Bank?

Kerja di bank itu kelihatannya kayak-kayak keren gitu ya? Ada orang yang niat banget kerja di bank, sampai-sampai diniatin sejak awal kuliahnya ngambil jurusan yang berbau bank; mulai dari jurusan keuangan hingga perbankan! Walaupun pada kenyataannya para lulusan yang berbau bank tersebut akhirnya juga gak diterima kerja di bank.

Kalo itu pengalaman kamu, justru kamu harus bersyukur, karena ternyata bank itu menyimpan fakta terselubung. Apa itu? yuk dong kita tonton video berikut ini.

Ingin tahu lebih jauh tentang hukum kerja di bank menurut syariah? yuk baca artikel di bawah ini:

  1. Ingin melamar kerja di bank, bolehkah?
  2. Takut dosa mereka keluar dari bank (buat motivasi)

 

Kata kunci:

fakta terselubung kerja dibank...