Fakta Unik Ternyata Ini Penyebab Warna Facebook itu Biru

Pernah tidak terlintas pertanyaan di benak Anda, kenapa Facebook itu berwarna biru? Ternyata oh ternyata, Mark Zuckerberg sang penemu Facebook itu buta warna. Zuckerberg sendiri yang mengakui bahwa dia red-green color blind. Warna yang paling jelas dia lihat adalah warna biru.

“Biru adalah warna yang paling jernih bagi saya,” ungkap Zuck ke majalah The New Yorker. “Saya dapat melihat semua warna biru.” Imbuh Zuck.

 

Mark Zuckerberg Ternyata Buta Warna

mark zuckerberg facebook buta warna

Apa itu red-green color blind? penasaran kan?

Red-green color blindness is a generic term for protanopia (red-blindness), protanomaly (red-weakness), deuteranopia (green-blindness), and deuteranomaly (green-weakness).

 

Ayo tebak, angka berapa di bawah ini?

buta warna merah hijau

Protanopia (red-blindness) berarti sel kerucut warna merah di mata tidak ada sehingga tingkat kecerahan warna merah atau perpaduannya kurang jelas terlihat. Protanomaly (red-weakness) yaitu seorang yang buta warna lemah mengenal warna merah. Deuteranopia (green-blindness) maksudnya retina pada mata tidak memiliki sel kerucut yang peka terhadap warna hijau. Deuteromaly (green-weakness) artinya warna hijau sangat sulit dikenali oleh seorang penderitanya.

Warna Biru Facebook Pas Banget!

Namun lihatlah, walaupun pemilihan warna biru untuk Facebook karena ‘terpaksa’, namun dari sisi teori warna untuk pemasaran sungguhlah tepat.

 

Sudut Laman depan website Facebook

warna biru laman depan facebook

Apa arti warna biru menurut pakar marketing? biru itu dapat dimaknai: dapat dipercaya, dapat diandalkan, menenangkan, fokus, profesional, bijaksana, bisnis.

Cocok banget kan?

Menurut teori warna dalam marketing, biru itu menciptakan kesan dapat dipercaya, aman. Dan warna biru ini lazim kita lihat pada warna bank dan perusahaan bisnis. Ayo tebak, di Indonesia bank apa saja yang menggunakan warna biru? :)

 

Warna pada logo perusahaan kelas dunia

teori warna marketing

Dan ternyata oh ternyata warna biru itu adalah warna yang lazimnya disukai oleh pria dan wanita. Kan ada tuh warna yang lazimnya hanya disukai oleh pria saja, namun tidak disukai wanita. Dan sebaliknya ada warna yang lazim disukai pria namun tidak disukai wanita. Coba bayangkan jika Facebook itu menggunakan warna pink atau ungu? hehehe…

 

Warna biru cocok untuk pria dan wanita

warna biru cocok untuk pria wanita

Pesan moralnya, hati-hati memilih warna. Apalagi bagi Anda seorang marketer. Semoga info unik ini bermanfaat untuk Anda.

 

BONUS

siapa yang buta hatinya

 

Silakan ikuti Hendri Syahrial di Google+

Kata kunci:

mark zuckerberg buta warna, biru itu persib facebook, penemu facebook buta warna, pencipta facebook buta warna, fb buta, kenapa fb berwarna biru...

(Visited 96 times, 1 visits today)

Hendri Syahrial

Hendri Syahrial, seorang webpreneur di Yufid, sebuah startup teknologi dan pendidikan di Indonesia. Sekarang sedang belajar menulis. Ikuti Hendri Syahrial di Google+

You may also like...

12 Responses

  1. katay says:

    yeaahh….makanya jng pilih persija soalnya oren…mending persib warna biru!!! :-P

  2. aziz says:

    Arema bro….
    Persib kacangan…

  3. Chitsa says:

    tapi warna biru emang seger sih gan dan mencolok mata jadi ga bakal ketuker hehe

  4. angkisland says:

    salam kenal y mas henry… wah blog yang manfaat mas jadi tahu hehe wah saya juga buta warna sama kayak si mark ini mas….

  1. April 17, 2014

    […] teknik dosimetrik yang dapat mengukur jumlah sinar atau radiasi yang diserap tubuh, diperoleh fakta bahwa jenggot memberikan perlindungan terhadap sinar ultra violet matahari hingga 90-95 […]

  2. April 19, 2014

    […] dengan bangganya memajang foto selfie dengan berbagai macam gaya yang unik dan aneh mereka di Facebook, Twitter, dan Instagram. Oxford English Dictionary bahkan mengeluarkan sebuah press release, […]

  3. April 25, 2014

    […] Dalam 60 detik ada 2.460.000 konten yang dibagikan (shared) oleh pengguna Facebook. […]

  4. January 26, 2015

    […] Unik, bukan? :D […]

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *