Ini dia Gambar Penampakan Ponsel Android Jadul Pertama. Ini juga Sejarah Uniknya!

Ternyata ponsel Android tidak bisa layar sentuh (touch screen) sebelum munculnya iPhone. Dan setelah iPhone diluncurkan ke pasar ternyata ponsel Android pun masih tetap kelihatan jadul dibandingkan iPhone.

Tidak bisa dipungkiri, kemunculan iPhone pertama kali pada awal 2007 merupakan awal mulanya ledakan inovasi smartphones di dunia. iPhone tidak hanya mempengaruhi inovasi di bidang teknologi ponsel pintar (smartphones), tapi juga mempengaruhi ekonomi global dan gaya hidup manusia secara global.

Android pada awalnya adalah sebuah sistem operasi berbasis Linux yang dikembangkan oleh perusahaan Android Inc. yang didirikan oleh Andy Rubin pada tahun 2003. Uniknya, Andy Rubin sendiri dulunya adalah karyawan di perusahaan Apple.

Pada tahun 2005 Google membeli Android. Dan pada saat itu hingga satu tahun setelahnya (2006) Google bahkan belum memiliki rencana untuk menjadikan Android sebagai sebuah ponsel pintar yang berlayar sentuh (touch screen).

 

Pilih yang mana? psstt… please jangan dibanding-bandingkan ya :)

gambar foto android pertama kali

Inovasi revolusioner dimulai setelah iPhone diluncurkan pertamakali

Pada 29 Juni 2007 iPhone diluncurkan pertamakali oleh Steve Jobs. Ini adalah momen yang sangat bersejarah. Awal dari sebuah revolusi teknologi.

 

Foto iPhone pertama yang diluncurkan. Baru pertama saja sudah indah terlihat.

foto iphone 1 pertama kali diluncurkan

Inilah video momen bersejarah ketika iPhone diluncurkan pertama kali.

Lima bulan setelah iPhone diluncurkan, yaitu pada 17 Desember 2007, Gizmodo, sebuah blog teknologi kelas dunia, mempublikasikan gambar prototipe Google Android yang pertama.

 

Inilah protipe ponsel Android pertama yang urung diluncurkan Google.

gambar protipe android jadul unik

Gambar protipe tersebut sangat mirip dengan ponsel Blackberry dibandingkan ponsel Android yang sekarang kita kenal. Namun protipe tersebut urung diluncurkan ke publik oleh Google. Dan konon katanya protipe tersebut sudah ada sebelum iPhone diluncurkan.

Peluncuran iPhone rupanya menjadi pemicu percepatan inovasi teknologi Android. Pada 23 September 2008 Google merilis Android 1.0.  Dan pada akhir 2008 itu pula Google merilis Android G1 dengan perangkat yang dibuat oleh HTC. Perangkat Android G1 ini sudah menggunakan teknologi layar sentuh. Desainnya kala itu mirip sedikit dengan desain iPhone. Lihat saja icon aplikasinya, lihat saja layarnya. Meniru atau terinspirasi dengan desain Iphone?

 

Foto Android G1 yang terinspirasi (mencontek?) iPhone.

foto gambar android g1 yang unik

 

Android G1 masih memiliki kelemahan pada fitur layar sentuhnya dan tentu saja belum ada fitur multi-touch. Apa itu fitur multi-touch? dengan fitur multi-touch ini pengguna ponsel pintar dapat menggunakan dua jari atau lebih untuk melakukan tindakan pada layar sentuh; seperti menggesek, mengetuk, mencubit, atau menggeret seperti membalikkan cubitan, persis seperti tindakan di dunia nyata.

Pada akhir 2009, Google merilis Android 2.0 dengan menambahkan fitur multi-touch pada versi ini. Kemudian pada 5 Januari 2010 Google merilis Nexus One, sebuah ponsel pintar dengan desain dan pabrikan HTC. Google Nexus One ini adalah ponsel pintar pertama Google Nexus. Dan peluncuran Google Nexus One ini berjarak lebih dari tiga tahun setelah peluncuran iPhone pertama, akan tetapi iPhone pertama tampaknya masih unggul dari sisi teknologi dan desain dibandingkan Google Nexus One.

 

Foto penampakan body Nexus One.

foto nexus one

 

 

Ini dia home screen Nexus One. Terinspirasi dengan iPhone? Tentunya…

gambar nexus one icon dan home screen

Saat ini (2014) ponsel pintar Android melesat jauh ke depan dibandingkan dengan iPhone, baik dari sisi teknologi, desain, maupun distribusi dan penjualan. Pertanyaannya, bisakah Android sepesat sekarang ini jika tidak terinspirasi dari iPhone?

 

Gambar Nexus 10. Bandingkan dengan iPad!

gambar nexus 10

 

Semoga informasi ini bermanfaat untuk kita semua. Ikuti penulis di Google+ atau bergabung di FB Info Unik Banghen.com, klik di sini untuk mendapatkan update informasi unik bermanfaat.

 

RILEK SEJENAK 3 MENIT

Kata kunci:

hp android pertama, android pertama, hp android pertama di dunia, android pertama di dunia, android pertama kali, hp android pertama di indonesia...

(Visited 5,655 times, 79 visits today)

Hendri Syahrial

Hendri Syahrial, seorang webpreneur di Yufid, sebuah startup teknologi dan pendidikan di Indonesia. Sekarang sedang belajar menulis. Ikuti Hendri Syahrial di Google+

You may also like...

5 Responses

  1. Wilda says:

    protipe awalnya android lebih mirip seri E nokia dan samsung omnia awal2 yah… untung aja perkembangannya pesat sampe sekarang udah ada tablet dan smartphone layar besar, bahkan yang terintegrasi dengan laptop

  2. agus says:

    wah sekarang android udah cool banget ya gan, ijin copy writing ya gan.

  3. Rene says:

    wew iPhone vs android, moga aja dengan persaingan ini mereka makin2 bagus. Kita juga kan yang untung. hehe

  4. anonym says:

    ngebandingin tapi lebih berat ke iP ya mas/mbak HEHE

  1. September 5, 2015

    […] tentang semua rantai makanan cepat saji, butik, atau kios HP di mal. Kebutuhan pembeli mungkin lebih baik dilayani dengan cara mendistribusikan produk atau jasa Anda […]

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *