Niat Sholat Tahajud yang Benar Sesuai Sunnah Nabi

niat sholat tahajud

Apa niat Sholat Tahajud yang benar sesuai sunnah Nabi Muhammad shallallahu ‘alaihi wa sallam?

Sekarang, insya Allah kita akan belajar tentang niat sholat tahajud. Satu hal yang sangat menggelitik saya, tatkala saya mengetahu ada yang bertanya:

Apa sih niat Sholat Tahajud?” dan bahkan ada pertanyaan yang lebih detail lagi: “Apa niat Sholat Tahajud 4 rakaat?“, “Apa niat Sholat Tahajud 2 rakaat?

Saya mendapati kenyataan ternyata masih banyak diantara saudara-saudara kami seiman yang menyangka bahwa setiap ibadah mesti harus ada lafadz niatnya. Coba bayangkan… betapa sulitnya nanti kita beribadah jika setiap ibadah harus menghafal niatnya; mau Sholat Tahajud 4 rakaat begini niatnya… mau Sholat Tahajud 2 rakaat beda lagi niatnya… tentu agama Islam yang mudah ini menjadi terkesan sulit jadinya… iya kan? ^^

Di sisi lainnya saya sangat gembira. Ternyata banyak sekali saudara-saudara kami seiman yang semangat mengamalkan ibadah sunnah, seperti Sholat Tahajud. Banyak sekali yang menanyakan “Bagaimana cara Sholat Tahajud?“, “Apa niat Sholat Tahajud?“, “Apa doa setelah Sholat Tahajud?“, “Apa bacaan Sholat Tahajud?“. Ini adalah pertanda baik. Semoga dengan ini menjadi penyebab turunnya rahmat dan kasih sayang Allah pada negeri kita.

Niat Sholat Tahajud

Niat Sholat Tahajud itu, caranya sangat mudah. Ketika Anda berencana akan bangun malam untuk melaksanakan Sholat Tahajud maka saat itu pula Anda sudah memasang niat. Ketika Anda sudah bangun malam, lalu Anda bersiap-siap Sholat Tahajud. Ketika Anda sudah berdiri tegak menghadap kiblat untuk melaksanakan Sholat Tahajud maka Anda langsung bertakbir.

Ucapkan “Allahu Akbar”, maka saat itu pula Sholat Tahajud sudah Anda mulai.

niat sholat tahajud 4 rakaat

niat sholat tahajud 2 rakaat

niat sholat tahajud dan doanya

Niat adalah amalan hati. Bagian yang sangat penting dalam setiap ibadah. Setiap ibadah itu tergantung dari niatnya. Dan setiap orang akan mendapat balasan sesuai dengan niatnya.

عن أمير المؤمنين أبي حفص عمر بن الخطاب رضي الله عنه ، قال : سمعت رسول الله صلى الله عليه وسلم يقول : ( إنما الأعمال بالنيّات ، وإنما لكل امريء مانوى ، فمن كانت هجرته إلى الله ورسوله ، فهجرته إلى الله ورسوله ، ومن كانت هجرته لدنيا يصيبها ، أو امرأة ينكحها ، فهجرته إلى ما هاجر إليه ) رواه البخاري ومسلم في صحيحهما .

Dari Amirul Mukminin, Abu Hafsh Umar bin Khaththab radhiallahu ’anhu, beliau berkata, “Saya mendengar Rasulullah shallallahu ’alaihi wa sallam bersabda, ’Sesungguhnya amalan itu tergantung pada niatnya. Dan setiap orang akan mendapatkan balasan sesuai yang ia niatkan. Barangsiapa yang berhijrah kepada Allah dan Rasul-Nya, maka hijrahnya tersebut menuju Allah dan Rasul-Nya. Dan barangsiapa yang hijrahnya itu karena dunia yang ingin digapainya atau karena seorang wanita yang akan dinikahinya, maka hijrahnya itu hanya tertuju pada apa yang dia tuju.’” (HR. al-Bukhari & Muslim)

Jika yang Anda maksud melafadzkan niat seperti ucapan “usholli…” atau “nawaitu” maka ini tidak ada contohnya dari Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam. Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam tidak pernah mengajarkan kita melafadzkan niat untuk Sholat Tahajud, dan tidak pernah pula untuk sholat-sholat yang lainnya.

Sungguh indah perkataan Imam Ibnul Qoyyim dalam kitab Zaadul Ma’ad, I/201 yang dinukil oleh ustadz Muhammad Abduh Tuasikal ini:

“Jika seseorang menunjukkan pada kami satu hadis saja dari Rasul dan para sahabat tentang perkara mengucapkan niat ini, tentu kami akan menerimanya. Kami akan menerimanya dengan lapang dada. Karena tidak ada petunjuk yang lebih sempurna dari petunjuk Nabi dan sahabatnya. Dan tidak ada petunjuk yang patut diikuti kecuali petunjuk yang disampaikan oleh pemilik syari’at yaitu Nabi shallallahu ‘alaihi wa sallam.” (Lihat: https://rumaysho.com/934-hukum-melafadzkan-niat-usholli-nawaitu-2.html)

niat sholat tahajud dan doa

niat sholat tahajud yang benar

Perkataan Imam Ibnul Qoyyim rahimahullah di atas semacam “tantangan” untuk siapa saja yang bisa menunjukkan satu Hadis saja di hadapan beliau tentang melafadzkan niat ini. Tentu saja tidak ada yang bisa karena memang tidak ada contohnya dari Nabi shallallahu ‘alaihi wa sallam tentang melafadzkan niat ini.

Sekali lagi, tentang niat Sholat Tahajud

Sekali lagi, ketika Anda ingin Sholat Tahajud. Anda berencana akan bangun malam untuk melaksanakan Sholat Tahajud maka saat itu pula Anda sudah memasang niat. Ketika Anda sudah bangun malam, lalu Anda bersiap-siap Sholat Tahajud. Ketika Anda sudah berdiri tegak menghadap kiblat untuk melaksanakan Sholat Tahajud maka Anda langsung bertakbir. Ucapkan “Allahu Akbar”, maka saat itu pula Sholat Tahajud sudah Anda mulai.

Video cara niat Sholat Tahajud

Saya sudah membuat video tentang cara niat Sholat Tahajud ini, di channel banghen.com (Youtube). Anda boleh menontonnya:

Agama Islam itu sangat mudah & indah

Agama Islam ini sungguh mudah, saudaraku…
Seandainya setiap ibadah dalam agama Islam ini harus menghafalkan niat, maka sungguh akan terasa sulit, bukan?

Namun, alhamdulillah, segala puji hanyalah untuk Allah, yang telah menetapkan syariat Islam yang sangat mudah dan indah sekali untuk kita, hamba-Nya.

Semoga Allah menerima ibadah Sholat Tahajud Anda.

Kata kunci:

niat sholat tahajud sesuai sunnah rasul...

(Visited 608 times, 1 visits today)

Leave a Reply