umur 40 tahun menurut islam rahasia makna

Umur 40 Tahun Menurut Islam: Kajian Menyentuh Hati Ustadz Syafiq Riza Basalamah (MP3 & Video)

Apa rahasia umur 40 tahun menurut Islam? Apa makna di balik usia 40 tahun? Apakah rahasia ini hanya berlaku untuk pria yang berumur 40 tahun saja ataukah juga berlaku untuk para wanita? Yuk, mari kita membahas usia 40 tahun menurut Islam.

Ada sebuah video kajian menyentuh hati yang dibawakan oleh ustadz Dr. Syafiq Riza Basalamah tentang rahasia umur 40 tahun menurut  Islam. Video kajian ini keren banget; temanya keren yaitu tentang rahasia di balik umur 40 tahun, dibawakan oleh seorang ustadz keren yang berjenggot keren, masya Allah. Bagi Anda yang biasa menikmati kajian-kajian Islam di Youtube, saya yakin Anda sudah kenal dengan ustadz Syafiq Riza Basalamah. Ini dia video yang saya maksud:

Cara Menghitung Umur 40 tahun Anda

Anda jangan salah sangka ya… umur 40 tahun itu dihitung dengan kalender Islam, yaitu kalender hijriyah, bukan masehi. Bagi Anda yang sudah terbiasa pakem menghitung umur dengan kalender masehi, maka sekarang ubah kebiasaan Anda. Kalender hijriyah adalah sistem penanggalan Islam. Jangan sampai Anda tinggalkan dan lupakan :)

Umur seseorang itu lebih tua jika dihitung menggunakan penanggalan hijriyah. Jadi, jika Anda sekarang berumur 36 tahun secara masehi maka bisa jadi umur Anda lebih dari itu. Ingat, Anda sudah beranjak tua, bung!

Umur Anda secara hijriyah itulah umur Anda yang sebenarnya.

Sekarang, bagaimana cara menghitung umur Anda secara hijriyah?

Sebenarnya ada beberapa cara. Namun di sini ada 2 cara yang simpel:

1. Menggunakan Islamic Date Converter di IslamicFinder.org

cara ubah masehi ke hijriyah

Pastikan terlebih dahulu bahwa converternya adalah “Gregorian to Hijri Converter”. Jika belum maka silakan klik tombol “Switch” yang ada di atas kolom. Kemudian Anda masukkan tanggal, bulan, dan tahun kelahiran Anda pada kolom yang disediakan. Kemudian klik tombol “convert”. Selesai.

Pada hasilnya, terlihat tanggal, bulan, dan tahun kelahiran Anda secara penanggalan hijriyah. Nah, sekarang Anda kurangi tahun dan bulan hijriyah saat ini dengan bulan dan tahun hijriyah kelahiran Anda tersebut. Hasilnya itulah umur Anda :)

2. Menginstal aplikasi Android “Hijri Calendar

aplikasi android kalender hijriyah

Cara perhitungannya sama kok. Silakan Anda coba :)

Ayat Al-Quran Berbicara tentang Umur 40 Tahun

Setiap kajian Islam yang membicarakan tentang rahasia umur 40 tahun tidak lepas dari surat Al-Ahqaf ayat 15 ini:

وَوَصَّيْنَا الْإِنسٰنَ بِوٰلِدَيْهِ إِحْسٰنًا ۖ حَمَلَتْهُ أُمُّهُۥ كُرْهًا وَوَضَعَتْهُ كُرْهًا ۖ وَحَمْلُهُۥ وَفِصٰلُهُۥ ثَلٰثُونَ شَهْرًا ۚ حَتَّىٰٓ إِذَا بَلَغَ أَشُدَّهُۥ وَبَلَغَ أَرْبَعِينَ سَنَةً قَالَ رَبِّ أَوْزِعْنِىٓ أَنْ أَشْكُرَ نِعْمَتَكَ الَّتِىٓ أَنْعَمْتَ عَلَىَّ وَعَلَىٰ وٰلِدَىَّ وَأَنْ أَعْمَلَ صٰلِحًا تَرْضَٮٰهُ وَأَصْلِحْ لِى فِى ذُرِّيَّتِىٓ ۖ إِنِّى تُبْتُ إِلَيْكَ وَإِنِّى مِنَ الْمُسْلِمِينَ

Kami perintahkan kepada manusia supaya berbuat baik kepada dua orang ibu bapaknya, ibunya mengandungnya dengan susah payah, dan melahirkannya dengan susah payah (pula). Mengandungnya sampai menyapihnya adalah tiga puluh bulan, sehingga apabila dia telah dewasa dan umurnya sampai empat puluh tahun ia berdoa: “Ya Tuhanku, tunjukilah aku untuk mensyukuri nikmat Engkau yang telah Engkau berikan kepadaku dan kepada ibu bapakku dan supaya aku dapat berbuat amal yang saleh yang Engkau ridhai; berilah kebaikan kepadaku dengan (memberi kebaikan) kepada anak cucuku. Sesungguhnya aku bertaubat kepada Engkau dan sesungguhnya aku termasuk orang-orang yang berserah diri”. (Qs. Al-Ahqaf: 15)

Apa pelajaran yang bisa kita petik dari ayat ini?

Saya tuliskan beberapa poin yang saya dapat dari kajian menyentuh hati yang disampaikan ustadz Syafiq Riza Basalamah di atas:

Umur 40 tahun adalah umur dimana seseorang harus berpikir lebih panjang lagi. Dia berada pada persimpangan jalan terakhir. Jika Anda salah pilih jalan pada saat Anda berumur 40 tahun maka sulit untuk Anda kembali pada jalan yang benar. Umur 40 tahun adalah titik dimana Anda harus tobat. Lihat diri Anda! Lihatlah uban-uban Anda yang bercahaya itu. Itulah adalah tanda dan peringatan bahwa umur Anda sudah mendekati kematian!

Nasehat yang serupa juga disampaikan pada video kajian menyentuh hati lainnya yang dibawakan oleh ustadz Yazid bin Abdul Qodir Jawwas:

Umur 40 tahun ini adalah umur kematangan manusia. Anda yang sebelumnya tidak pernah sholat maka segera tobat karena meninggalkan sholat itu dosa besar dan bahkan sebagian ulama mengatakan bahwa orang yang yang meninggalkan sholat maka dia kafir. Namun, apabila umur Anda sudah lewat 40 tahun namun belum berubah juga maka sangat sulit nanti bagi Anda untuk tobat dan kembali kepada Allah. Dan pada masa ini (umur 40 ke atas) adalah masa kritis untuk Anda, karena sabda Nabi shallallahu ‘alaihi wa sallam:

 أعمار أمتي ما بين الستين إلى لسبعين، وأقلهم من يجوز ذلك

Umur umatku antara 60 tahun – 70 tahun, dan tidak banyak yang melebihi daripada itu. (HR. Imam Tirmizi)

Ustadz Syafiq Riza Basalamah dan ustadz Yazid banyak menyampaikan nasehat agar kita lebih banyak mengingat kematian dan menyiapkan bekal untuk menjemput kematian.

Ibnu Katsir berkata, “Siapapun yang telah berumur 40 tahun harus memperbaharui taubat dan bertekad tidak mengulangi lagi kesalahan yang sama.” (Tafsir Ibnu Katsir, pembahasan surat Al Ahqaf ayat 15)

Ayat ini adalah peringatan dari Allah untuk Anda kembali kepada Allah. Untuk bertobat kepada Allah, dan untuk mengerjakan amal-amal sholeh. Untuk menjauhi seluruh perbuatan dosa dan maksiat.

Renungkan umur Anda saat ini. Sadarilah bahwa sebentar lagi Anda pasti mati. Sungguh akan tiba nanti saatnya giliran Anda yang ditemui malaikat maut pencabut nyawa. Pasti Anda akan masuk ke liang kubur. Anda pasti akan ditemui oleh malaikat Munkar dan Nakir yang akan menanyai Anda 3 pertanyaan kubur berikut ini:

  1. “Man Robbuka?” Siapakah tuhanmu?
  2. “Wa maa diinuka?” dan apa agamamu?
  3. “Wa maa hadzaar rujululladzii bu’itsa fiikum?” dan siapakah orang yang telah diutus di antara kalian ini? (maksudnya siapa Nabi yang diutus padamu?)

Anda pasti akan dibangkitkan dari kubur. Anda pasti akan diadili di padang masyar. Anda pasti akan menerima catatan amal Anda. Anda pasti akan merasakan balasan terhadap seluruh perbuatan Anda di dunia; neraka atau surga?

Renungkanlah surat Faathir ayat 37 ini:

وَهُمْ يَصْطَرِخُونَ فِيهَا رَبَّنَآ أَخْرِجْنَا نَعْمَلْ صٰلِحًا غَيْرَ الَّذِى كُنَّا نَعْمَلُ ۚ أَوَلَمْ نُعَمِّرْكُم مَّا يَتَذَكَّرُ فِيهِ مَن تَذَكَّرَ وَجَآءَكُمُ النَّذِيرُ ۖ فَذُوقُوا۟ فَمَا لِلظّٰلِمِينَ مِن نَّصِيرٍ

Dan mereka berteriak di dalam neraka itu: “Ya Tuhan kami, keluarkanlah kami niscaya kami akan mengerjakan amal yang shaleh berlainan dengan yang telah kami kerjakan”. Dan apakah Kami tidak memanjangkan umurmu dalam masa yang cukup untuk berfikir bagi orang yang mau berfikir, dan (apakah tidak) datang kepada kamu pemberi peringatan? maka rasakanlah (azab Kami) dan tidak ada bagi orang-orang yang zalim seorang penolongpun.

*****

Semoga catatan ringkas tentang rahasia umur 40 tahun di atas dapat bermanfaat untuk kita semua :)

Download File .MP3 Kajian Menyentuh Hati Umur 40 Tahun Menurut Islam oleh ustadz Syafiq Basalamah

Oh ya, saya hampir saja lupa! File .MP3 kajian menyentuh hati tentang umur 40 tahun menurut Islam yang dibawakan oleh ustadz Syafiq Riza Basalamah ini dapat Anda dengarkan dan download pada streaming di bawah ini. Anda bisa langsung mendownloadnya lewat browser Anda jika Anda menggunakan desktop (komputer atau laptop), atau dengan menggunakan aplikasi soundcloud jika Anda menggunakan HP Smartphone.

VIDEO UMUR 40 TAHUN (SELAIN 2 VIDEO DI ATAS)

 

Kata kunci:

jadwal mulai masuk sholat sunah dhuha, gopay halal, waktu yang sesuai untuk solat dhuha, doa setelah sholat pendek, apa handphone android pertama di dunia, hak tinggi Yang unik...

(Visited 603 times, 2 visits today)
Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *