Strategi Pemasaran Upsell

Upsell adalah strategi pemasaran di mana penjual mencoba untuk meyakinkan pelanggan agar membeli produk atau layanan tambahan yang lebih mahal atau dengan fitur tambahan setelah pelanggan sudah melakukan pembelian awal.

Misalnya, jika kamu pergi ke toko mainan dan membeli sebuah puzzle, pegawai toko mungkin akan menawarkan untuk membeli kotak penyimpanan khusus yang lebih mahal atau set puzzle tambahan dengan karakter favoritmu. Tujuannya adalah memberikan opsi yang lebih menarik bagi pelanggan dan meningkatkan nilai transaksi yang dilakukan oleh pelanggan.

Jadi, singkatnya, upsell adalah cara untuk menawarkan produk atau layanan tambahan yang lebih baik atau lebih mahal kepada pelanggan setelah mereka melakukan pembelian awal.

Contoh penerapan strategi pemasaran upsell

  1. Pada restoran cepat saji, saat kamu memesan hamburger, pelayan mungkin menawarkan untuk menambahkan kentang goreng dan minuman besar dengan sedikit tambahan biaya.
  2. Saat membeli tiket pesawat, maskapai penerbangan mungkin menawarkan opsi untuk meningkatkan kelas penerbangan dengan biaya tambahan.
  3. Pada toko komputer, saat kamu membeli laptop, penjual mungkin menawarkan untuk membeli paket perangkat lunak atau aksesori tambahan seperti mouse nirkabel atau tas laptop dengan harga spesial.
  4. Pada salon kecantikan muslimah, saat seorang pelanggan muslimah memesan jasa perawatan rambut, penata rambut mungkin menawarkan untuk melakukan perawatan tambahan seperti masker rambut atau perawatan spa dengan biaya tambahan.
  5. Saat memesan kamar hotel, staf hotel dapat menawarkan opsi peningkatan kamar dengan fasilitas tambahan seperti pemandangan laut atau akses ke lounge eksekutif dengan harga lebih tinggi.

Tujuan dari upsell adalah memberikan nilai tambahan kepada pelanggan dan meningkatkan pendapatan per transaksi dengan menawarkan produk atau layanan yang lebih baik atau lebih mahal.


Comments

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *