Perbedaan Salat Awwabin dan Salat Malam

Posted by

Pertanyaan: Apa yang dimaksud dengan Salat al-Awwabin? Kemudian, apa beda antara Salat Tarawih, Salat Witir, Salat Tahajud, dan Salat Malam?

Syaikh Dr. Labib Najib, seorang pakar fiqih mazhab Syafi’i menjelaskan perbedaan beberapa jenis Salat Sunah tersebut.

bacaan-shalat-maghrib-untuk-mualaf-belajar-salat
[Klik gambar untuk membeli ebook BUKU PEGANGAN SHALAT MAGHRIB]

Syaikh Dr. Labib Najib berkata:

.الفرق بين: صلاة الأوابين، وصلاة التراويح، وصلاة الوتر، وصلاة التهجد، وصلاة الليل

.صلاة الأوابين تطلق على صلاة الضحى، وعلى الصلاة بين المغرب والعشاء، وتسمى: صلاة الغفلة

 .صلاة التراويح، هي عشرون ركعة، تكون بعد فعل العشاء، وتختص برمضان، وتسن الجماعة فيها

صلاة الوتر هي سنة مؤكدة، بل آكد النوافل التي لا تسن لها الجماعة، وآكد من التراويح، وأقلها: ركعة، وأكثرها: إحدى عشرة ركعة، ولا تختص برمضان، ووقتها بعد فعل العشاء

صلاة التهجد، هي: صلاة في الليل بعد نوم، فالصلاة تشمل الفرض، فلو قضى فرضًا بعد نومٍ حصل التهجد، ويحصل التهجد ولو بسنة العشاء، أو الوتر إذا فُعل بعد نومٍ

صلاة الليل، تشمل كلَّ صلاة في الليل، ولو وترا أو تهجدا أو تراويح، فالإضافة بتقدير (في)

:ويتبين مما تقدم أنَّ العلاقة بين الوتر والتهجد علاقة عموم وخصوص وجهي

  • فلو صلى الوتر بعد النوم، فهو وتر وتهجد
  • أو صلاه قبل النوم، فهو وتر، لا تهجد
  • أو صلى غير الوتر – كنفل مطلق – بعد النوم فهو تهجدٌ لا وتر

***

Perbedaan antara Salat al-Awwabin, Salat Tarawih, Salat Witir, Salat Tahajud, dan Salat Malam:

  • Salat al-Awwabin adalah sebutan bagi Salat Duha, dan salat di antara Salat Maghrib dan Salat Isya. Salat ini juga disebut dengan Salat Ghaflah.
  • Salat Tarawih jumlah rakaatnya adalah 20 rakaat dan dilakukan setelah mendirikan Salat Isya. Salat ini hanya dilakukan pada bulan Ramadan. Pelaksanaannya disunahkan secara berjamaah.
  • Salat Witir adalah salat yang hukumnya sunah muakadah, bahkan ia lebih ditekankan pelaksanaannya daripada salat-salat sunah lain yang pelaksanaannya tidak disunahkan secara berjamaah. Ia juga lebih ditekankan daripada Salat Tarawih. Salat Witir ini jumlah minimal rakaatnya adalah satu rakaat, sedangkan maksimalnya adalah 11 rakaat. Salat ini tidak dikhususkan pelaksanaannya pada bulan Ramadan saja, dan waktu pelaksanaannya adalah setelah mendirikan Salat Isya.
  • Salat Tahajud adalah salat pada malam hari setelah bangun tidur, dan salat ini juga mencakup Salat Fardu. Jadi seandainya ada orang yang mengqadha Salat Fardu (pada malam hari) setelah bangun tidur, maka itu juga dianggap sebagai Salat Tahajud. Bahkan jika ia mengerjakan Salat Sunah Rawatib Isya atau Salat Witir setelah bangun tidur, teranggap telah melakukan Shalat Tahajud. Jadi, jika ada orang yang mengqadha Salat Fardu pada malam hari setelah bangun tidur, itu juga dianggap sebagai Salat Tahajud.
  • Sedangkan Salat Malam mencakup seluruh salat pada malam hari, meskipun itu berupa Salat Witir, Salat Tahajud, atau Salat Tarawih. Jadi frasa kata “Salat Malam” ini bermakna “di”, yakni salat di malam hari.

Berdasarkan penjelasan tersebut, jelaslah bahwa hubungan antara Salat Witir dan Salat Tahajud adalah hubungan umum dan khusus dari sudut pandangnya, yakni:

  • Seandainya seseorang mendirikan Salat Witir setelah bangun tidur, maka salat itu adalah Salat Witir dan Salat Tahajud, atau
  • Jika dia mendirikan salat itu sebelum tidur, maka itu adalah Salat Witir saja dan bukan Salat Tahajud, atau
  • Jika dia salat selain Salat Witir–seperti Salat Sunah Mutlak–setelah bangun tidur, maka itu adalah Salat Tahajud saja dan bukan Salat Witir.
Visited 26 times, 1 visit(s) today
cara-sholat-bacaan-shalat-untuk-mualaf
[Klik gambar untuk membeli ebook BUKU PEGANGAN SHALAT MAGHRIB]

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *