Doa Setelah Sholat Dhuha Sesuai Sunnah Nabi

Doa setelah Sholat Dhuha, apakah ada yang sesuai sunnah Nabi?

Saya melihat antusias saudara-saudara kaum muslimin dengan ibadah Sholat Dhuha ini setelah melihat banyaknya pembaca artikel “Waktu Sholat Dhuha Mulai Jam Berapa?” di banghen.com.

Selain pertanyaan “waktu Sholat Dhuha mulai jam berapa?” juga ada pertanyaan lainnya, yaitu apakah doa setelah Sholat Dhuha yang sesuai sunnah Nabi shallallahu ‘alaihi wa sallam?

Saya sudah membuat sebuah video tentang doa setelah Sholat Dhuha ini. Anda bisa melihatnya di bawah ini:

Doa Sholat Dhuha yang populer belum tentu sesuai sunnah Nabi

Ada satu doa setelah Sholat Dhuha yang sangat populer di sebagian saudara kaum muslimin. Begini lafadz doanya:

اللَّهُمَّ إنَّ الضَّحَاءَ ضَحَاؤُكَ ، وَالْبَهَاءَ بَهَاؤُكَ ، وَالْجَمَالَ جَمَالُك ، وَالْقُوَّةَ قُوَّتُك، وَالْقُدْرَةَ قُدْرَتُك، وَالْعِصْمَةَ عِصْمَتُك اللَّهُمَّ إنْ كَانَ رِزْقِي فِي السَّمَاءِ فَأَنْزِلْهُ ، وَإِنْ كَانَ فِي الْأَرْضِ فَأَخْرِجْهُ ، وَإِنْ كَانَ مُعَسَّرًا فَيَسِّرْهُ ، وَإِنْ كَانَ حَرَامًا فَطَهِّرْهُ ، وَإِنْ كَانَ بَعِيدًا فَقَرِّبْهُ بِحَقِّ ضَحَائِك وَبِهَائِك وَجَمَالِك وَقُوَّتِك وَقُدْرَتِك آتِنِي مَا آتَيْت عِبَادَك الصَّالِحِينَ

Sayangnya… doa di atas tidak ada dalilnya dari Al-Quran dan Hadis Nabi shallallahu ‘alaihi wa sallam.

Darimana sumber ‘doa setelah Sholat Dhuha’ di atas?

Doa ini disebutkan oleh As-Syarwani dalam Syarhul Minhaj (7:293) dan Abu Bakr Ad-Dimyathi dalam I’aanatut Thalibiin (1:295). Namun kedua penulis ini tidak menunjukkan dalil bacaan ini. Tim fatwa Syabakah Islamiyah, di bawah bimbingan Dr. Abdullah al-Faqih memberikan komentar terhadap doa setelah Sholat Dhuha yang “terlanjur” populer tersebut: “Kami tidak mendapatkan dalil kuat yang menunjukkan adanya doa ini pada referensi-referensi yang kami miliki.” (Fatawa Syabakah Islamiyah, no. 53488). (Keterangan ini kami nukil dari tulisan ustadz Ammi Nur Baits: https://konsultasisyariah.com/10588-doa-shalat-dhuha.html)

Bolehkah doa setelah Sholat Dhuha di atas kita amalkan?

Sebelumnya, saya ingin mengingatkan diri saya pribadi dan Anda tentunya. Prinsip kita dalam melakukan ibadah harus ada landasan ajarannya dalam Al-Quran dan Hadis Nabi shallallahu ‘alaihi wa sallam. Ibadah dalam agama Islam bersifat tauqifiyah, yaitu menunggu dalil. Maksudnya adalah harus ada landasan dalil dan ajarannya dari Nabi kita Muhammad shallallahu ‘alaihi wa sallam. Cek terlebih dahulu di dalam Al-Quran dan Hadis Nabi yang shahih, apakah pernah Nabi kita shallallahu ‘alaihi wa sallam mengajarkannya? Apakah ada para sahabat Nabi -radhiallahu ‘anhum- mengerjakannya?

Jangan pula lupa bahwa ajaran agama Islam ini sudah sangat sempurna. Semuanya sudah disampaikan oleh Nabi Muhammad shallallahu ‘alaihi wa sallam kepada kita semua. Tidak ada satupun yang beliau sembunyikan. Jika sudah sempurna, buat apa kita cari-cari bentuk ibadah yang tidak ada sumber dalilnya dalam ajaran Islam?

Apapun bentuk ibadah yang kita amalkan dalam ibadah kita sehari-hari, harus ada landasan dalilnya dari Al-Quran dan Hadis Nabi shallallahu ‘alaihi wa sallam, karena keduanya adalah sumber ajaran Islam.

***

Jadi, apa doa setelah Sholat Dhuha yang boleh kita amalkan?

Jawaban pertanyaan ini adalah:

Yang Pertama:
Kita mengamalkan dzikir dan doa setelah Sholat Dhuha yang diajarkan dan diamalkan oleh Nabi shallallahu umum setelah sholat yang sudah diajarkan oleh Nabi kita shallallahu ‘alaihi wa sallam.

 

عن عائشة رضي الله عنها , قالت : صلى رسول الله صلى الله عليه و سلم الضحى, ثم قال : اللهم اغفر لي , وتب علي ,إنك أنت التواب الرحيم . حتى قالها مائة مرة صححه الالباني في صحيح الادب المفرد 217,1 حديث رقم 219

Dari ‘Aisyah radhiallahu ‘anha, beliau berkata bahwa Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam mengerjakan Sholat Dhuha. Setelah selesai salam, kemudian beliau mengucapkan:

اللَّهُمَّ اغْفِرْ لِي، وَتُبْ عَلَيَّ، إِنَّكَ أَنْتَ التَّوَّابُ الرَّحِيْمِ

“ALLAAHUMMAGHFIR-LII WA TUB ‘ALAYYA, INNAKA ANTAT TAWWAABUR ROHIIM”

Artinya:
“Ya Allah, ampunilah aku dan terimalah taubatku, sesungguhnya Engkau Maha Penerima Taubat lagi Maha Penyayang”. Nabi shallallahu ‘alaihi wa sallam membacanya seratus kali. (HR. Bukhari dalam al-Adab al-Mufrad. Syaikh al-Albani mengatakan dalam kitab Shahih al-Adab al-Mufrad bahwa hadis ini shahih)

doa setelah sholat dhuha yang shahih dan artinya

Doa setelah Sholat Dhuha di atas dibaca sebanyak 100 kali.

 

***

Yang Kedua:
Kita mengamalkan dzikir umum setelah sholat yang diajarkan oleh Nabi shallallahu ‘alaihi wa sallam. Dzikir ini dapat dibaca setelah sholat fardhu maupun sholat sunnah. Dan Sholat Dhuha termasuk salah satu diantara sholat sunnah.

Ada Hadis Nabi shallallahu ‘alaihi wa sallam yang diriwayatkan oleh Tsauban radhiallahu ‘anhu, beliau menceritakan dzikir yang dibaca Nabi shallallahu ‘alaihi wa sallam setelah beliau selesai shalat,

Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam setiap selesai shalat, beliau membaca istighfar 3 kali, kemudian membaca,

اللهُمَّ أَنْتَ السَّلَامُ وَمِنْكَ السَّلَامُ، تَبَارَكْتَ يَا ذَا الْجَلَالِ وَالْإِكْرَامِ

ALLAHUMMA ANTAS SALAAM WA MINKAS SALAAM TABAAROKTA YAA DZAL JALAALI WAL IKROOM
(HR. Muslim 591, Nasai 1337, dan yang lainnya)

Begini doanya:

أَسْتَغْفِرُ اللهَ
أَسْتَغْفِرُ اللهَ
أَسْتَغْفِرُ اللهَ
ASTAGHFIRULLAAH 3X (Aku mohon ampun pada Allah)

اَللَّهُمَّ أَنْتَ السَّلَامُ
ALLAHUMMA ANTAS SALAAM (Ya Allah, Engkaulah pemberi keselamatan)

وَمِنْكَ السَّلَامُ
WA MINKAS SALAAM (dan dari-Mu keselamatan)

تَبَارَكْتَ
TABAAROKTA (Maha Suci Engkau)

يَاذَا الْجَلَالِ وَالْإكْرَامِ
YAA DZAL JALAALI WAL IKROOM (Wahai Yang Memiliki Keagungan dan Kemuliaan)

Dzikir setelah sholat ini dapat Anda baca setelah sholat, baik itu Sholat Wajib (Sholat Fardhu) maupun Sholat Sunnah.Keterangan ini ditegaskan oleh Syaikh Bin Baz dalam fatwa beliau (http://www.binbaz.org.sa/noor/2648)

doa setelah sholat sunnah

Jadi, doa ini dapat Anda amalkan juga setelah Sholat Dhuha, karena Sholat Dhuha juga termasuk Sholat Sunnah.

Kemudian Syaikh Bin Baz membawakan Hadis Tsauban di atas. Lalu beliau mengatakan,

ولم يقل المكتوبة، فدل على أنه في كل صلاة، النافلة والفرض

Tsauban tidak mengatakan “setelah Sholat Wajib”. Ini menunjukkan bahwa dzikir tersebut dibaca di setiap selesai shalat. Baik Sholat Sunnah maupun Sholat Wajib. (Demikianlah keterangan Syaikh Bin Baz yang kami nukil dari tulisan ustadz Ammi Nur Baits ini: https://konsultasisyariah.com/23363-dzikir-setelah-shalat-sunah.html)

doa setelah sholat dhuha sesuai sunnah nabi
doa setelah sholat dhuha sesuai sunnah nabi
doa setelah sholat dhuha sesuai sunnah nabi
doa setelah sholat dhuha sesuai sunnah nabi

Setelah selesai Sholat Dhuha, yang terpenting itu adalah ini!

Setelah Anda selesai melaksanakan Sholat Dhuha, maka insya Allah, Anda akan mendapat pahala yang besar dari Allah. Selain itu, tentu saja insya Allah Anda juga akan memperoleh keutamaan dan fadhilah mengerjakan Sholat Dhuha. Apalagi setelah selesai melaksanakan Sholat Dhuha kemudian Anda lanjutkan dengam membaca dzikir yang sesuai dengan Sunnah Nabi, semoga dengan ini pahala Anda semakin bertambah karena Anda memegang teguh Sunnah Nabi shallallahu ‘alaihi wa sallam.

Semoga tulisan kecil ini bermanfaat untuk saya dan Anda.

Jika artikel tentang doa setelah Sholat Dhuha ini bermanfaat untuk Anda, mohon kiranya berkenan membagikan artikel ini di beranda Facebook Anda, atau memberikan linknya lewat akun social media Anda yang lainnya. Semoga pahalanya juga untuk Anda.

 

***

 

REFERENSI DOA SETELAH SHOLAT DHUHA

-https://konsultasisyariah.com/23363-dzikir-setelah-shalat-sunah.html
-https://konsultasisyariah.com/10588-doa-shalat-dhuha.html
-http://www.binbaz.org.sa
– جامع الكتب التسعة (Android App)
-http://www.ajurry.com/vb/showthread.php?t=13366
-https://library.islamweb.net/hadith/display_hbook.php?bk_no=141&pid=96905&hid=617

7 Comments

Erna banjarnegara September 1, 2018 Reply

Trims banget ilmunya…. saya baru tau ternyata doa yg saya amalkan selama ini tdk ada dalilnya

Dwi hany September 17, 2018 Reply

Masya Alloh,br tau…ternyata ini ya dianya setelah dhuha

HambaAllah October 30, 2018 Reply

MasyaAllah, terimakasih banghen.

Imam November 6, 2018 Reply

Thanks ilmu nya

jhoni umbara November 26, 2018 Reply

Alhamdulillah ilmunya moga bermanfaat.
Pertanyaan saya apakah setelah sholat dhuha dan Sholat lainnya tidak boleh berdoa sesuai dengan hajat kita? Dan boleh kah kita zikir dgn asmaul husna selain dari pada yang telah nabi lakukan…. Jazakallahu khoir

Abu Zahid January 8, 2019 Reply

Terkait masalah penjelasan doa tadi, dimana saya yang tangkap dari penjelasannya adalah berdoa dengan doa doa seperti yg diajarkan Nabi Shallallohu alaihi wasallam. Yg mau saya tanyakan adakah dalil yg melarang seseorang berdoa sesuai hajat masing-masing terutama saat sholat dhuha ini?

Vivi May 29, 2019 Reply

Izin save/screnshoot/share

Leave a Reply