Doa untuk Orang Sakit: 2 Doa Menjenguk Orang Sakit Sesuai Sunnah

doa untuk orang sakit

Doa untuk orang sakit ini adalah ucapan doa yang dapat Anda ucapakan ketika menjenguk orang sakit. Ada 2 doa untuk orang yang sakit yang akan kita bahas kali ini. Kedua doa menjenguk orang sakit ini sesuai sunnah Nabi shallallahu ‘alaihi wa sallam karena berasal dari Hadis Nabi shallallahu ‘alaihi wa sallam yang shahih.

***

***

Syafakillah & Syafakallah

Seringkali kita dengar ucapan doa untuk orang sakit: “syafakillah” atau “syafakallah”. Ucapan syafakillah dan syafakallah sangat populer di kalangan pelajar, mahasiswa, anak ngaji, bahkan di kalangan ibu-ibu.

syafakillah artinya

Syafakillah artinya apa?

Syafakillah artinya “semoga Allah menyembuhkanmu”. Syafakallah artinya “semoga Allah menyembuhkanmu.”

Kok sama saja ya artinya? Trus apa bedanya?

Bedanya, syafakillah adalah ucapan doa yang diucapkan kepada 1 orang perempuan yang sakit. Sedangkan, syafakallah diucapkan kepada 1 orang laki-laki yang sakit. Jadi, jangan sampai keliru ya…

Namun, selain ucapan doa syafakillah dan syafakallah ini ada doa untuk orang sakit yang sejak 1.400 tahun lalu diajarkan oleh Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam. Insya Allah di bawah ini kita akan mempelajari 2 doa tersebut… dan setelah kita tahu, selanjutnya yuk kita mengamalkan 2 dua tersebut saja ya.. insya Allah berpahala karena mengamalkan sunnah Nabi shallallahu ‘alaihi wa sallam.

***

Dua doa untuk orang sakit yang diajarkan Nabi shallallahu ‘alaihi wa sallam

Baiklah…
Saudaraku, sekarang kita akan belajar 2 doa yang diajarkan Nabi shallallahu ‘alaihi wa sallam yang dapat Anda baca untuk memohon kesembuhan bagi orang yang sedang sakit.

Ada beberapa doa untuk orang yang sakit. Diantara doa untuk orang sakit tersebut saya pilih dua doa yang sangat ringkas dan mudah dihafal.

Sebelum kita belajar 2 doa untuk menjenguk orang sakit tersebut. Mari kita baca Hadis Nabi shallallahu ‘alaihi wa sallam yang sungguh indah dan sangat menginspirasi ini:

Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda:

إِذَا عَادَ الرَّجُلُ أَخَاهُ الْمُسْلِمَ مَشَى فِيْ خِرَافَةِ الْجَنَّةِ حَتَّى يَجْلِسَ فَإِذَا جَلَسَ غَمَرَتْهُ الرَّحْمَةُ، فَإِنْ كَانَ غُدْوَةً صَلَّى عَلَيْهِ سَبْعُوْنَ أَلْفَ مَلَكٍ حَتَّى يُمْسِيَ، وَإِنْ كَانَ مَسَاءً صَلَّى عَلَيْهِ سَبْعُوْنَ أَلْفَ مَلَكٍ حَتَّى يُصْبِحَ

“Apabila seseorang menjenguk saudaranya yang muslim (yang sedang sakit), maka (seakan-akan) dia berjalan sambil memetik buah-buahan surga sampai dia duduk. Apabila dia sudah duduk maka diturunkan kepadanya rahmat dengan deras. Apabila dia menjenguknya di pagi hari maka tujuh puluh ribu malaikat mendoakannya agar mendapat rahmat hingga waktu sore tiba. Apabila dia menjenguknya di sore hari, maka tujuh puluh ribu malaikat mendoakannya agar diberi rahmat hingga waktu pagi tiba.” (HR. at-Tirmidzi, Ibnu Majah dan Imam Ahmad dengan sanad shahih)

Lihatlah, sungguh besar pahala dan keutamaan menjenguk saudara kita sesama muslim yang sedang sakit. Apalagi ketika menjenguk saudara kita yang sedang sakit, Anda ucapkan 2 doa menjenguk orang sakit yang diajarkan oleh Nabi kita; Nabi Muhammad shallallahu ‘alaihi wa sallam berikut ini:

***

Doa untuk orang sakit yang pertama:

لاَ بَأْسَ طَهُورٌ اِ نْ شَآ ءَ اللّهُ

LAA BA’SA THOHUURUN INSYAA-ALLAH

“Tidak apa-apa, semoga sakitmu ini membersihkanmu dari dosa-dosa, Insya Allah.” (HR. al-Bukhari)

Yuk kita ulangi doanya:

لاَ بَأْسَ طَهُورٌ اِ نْ شَآ ءَ اللّهُ

LAA BA’SA THOHUURUN INSYAA-ALLAH

“Tidak apa-apa, semoga sakitmu ini membersihkanmu dari dosa-dosa, Insya Allah.” (HR. al-Bukhari)

doa menjenguk orang sakit

***

Doa untuk orang sakit yang kedua:

أَسْأَلُ اللَّهَ العَظِيمَ رَبَّ الْعَرْشِ الْعَظِيْمِ أَنْ يَشْفِيَكَ

AS-ALULLAAHAL ‘AZHIIM ROBBAL ‘ARSYIL ‘AZHIIM AY-YASY-FIYAK

“Aku memohon kepada Allah Yang Maha Agung, agar menyembuhkan penyakitmu.” (HR. at-Tirmidzi, dan Abu Daud)

Yuk kita ulangi doanya:

أَسْأَلُ اللَّهَ العَظِيمَ رَبَّ الْعَرْشِ الْعَظِيْمِ أَنْ يَشْفِيَكَ

AS-ALULLAAHAL ‘AZHIIM ROBBAL ‘ARSYIL ‘AZHIIM AY-YASY-FIYAK

“Aku memohon kepada Allah Yang Maha Agung, agar menyembuhkan penyakitmu.” (HR. at-Tirmidzi, dan Abu Daud)

doa orang sakit sesuai sunnah

***

Semoga ucapan doa untuk orang yang sakit ini bermanfaat untuk saya dan Anda. Mudah-mudahan doa untuk orang sakit ini dapat kita amalkan ketika menjenguk orang yang sakit, terutama saudara-saudara kita sesama muslim.

OH YA!

Saya sudah membuat beberapa artikel dan video doa dan dzikir shahih sehari-hari. Ada  doa setelah sholat dhuha, doa setelah adzan, doa untuk orang tua, doa sebelum tidur, dan doa-doa yang lainnya. Anda boleh menontonnya di channel YouTube Banghen.com, atau membacanya di website Banghen.com ini.

***

REFERENSI DOA UNTUK ORANG SAKIT:

Buku Hisnul Muslim
Syaikh Said bin Ali bin Wahf al-Qothoni

Ust. Fuad Hamzah Baraba, Lc.
-https://muslim.or.id/23380-keutamaan-menjenguk-orang-sakit.html

جامع الكتب التسعة
Android App

Kata kunci:

doa orang sakit...

(Visited 635 times, 2 visits today)

Leave a Reply