Arti jazakallahu khairan jazakillahu khairan

Arti Jazakallahu khairan

Posted by

Jazakallahu khairan adalah ungkapan terima kasih dalam bentuk doa dalam bahasa Arab. Ucapan ini bermakna lebih dalam karena tidak hanya menyampaikan rasa terima kasih, tetapi juga mendoakan kebaikan bagi orang yang telah berbuat baik kepada kita.

Apabila ada seseorang yang berbuat baik kepada kita, ucapkan:

جَزَاكَ اللهُ خَيْرًا

bacaan-shalat-maghrib-untuk-mualaf-belajar-salat
[Klik gambar untuk membeli ebook BUKU PEGANGAN SHALAT MAGHRIB]

JAZAAKALLAAHU KHAIRAN

Artinya: semoga Allah membalasmu dengan kebaikan.

Ucapan “jazakallahu khairan” ditujukan kepada seorang laki-laki. Jika yang diberikan doa adalah perempuan, maka ucapannya berubah menjadi jazakillahu khairan (جَزَاكِ اللهُ خَيْرًا).

Kita dianjurkan untuk mengucapkan doa ini setiap kali mendapat perlakuan yang baik dari seseorang. Doa ini menunjukkan rasa syukur sekaligus penghargaan yang mendalam kepada orang lain.

Dalil dari ucapan jazakallahu khairan adalah hadis Nabi shallallahu ‘alaihi wa sallam:

وَعَنْ أُسَامَةَ بْنِ زَيْدٍ رَضِيَ اَللَّهُ عَنْهُمَا قَالَ: قَالَ رَسُولُ اَللَّهِ صلى الله عليه وسلم مَنْ صُنِعَ إِلَيْهِ مَعْرُوفٌ فَقَالَ لِفَاعِلِهِ: جَزَاكِ اَللَّهُ خَيْراً‏ فَقَدْ أَبْلَغَ فِي الثَّنَاءِ

Dari Usamah bin Zaid radhiyallahu ‘anhuma, ia berkata bahwa Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda: “Barang siapa yang diperlakukan baik oleh seseorang, lalu ia mengucapkan kepadanya: jazakallahu khairan, maka sungguh ia telah memberikan penghargaan sepenuhnya kepadanya.” (HR. Tirmidzi, lihat Bulughul Maram 1383)

Arti jazakallaahu khairan

Ucapan jazakallahu khairan ini bukan hanya sekadar ungkapan, tetapi doa yang mengandung kebaikan dan keberkahan. Dengan mengucapkannya, kita berharap Allah membalas orang tersebut dengan segala kebaikan yang lebih besar dari apa yang telah ia lakukan kepada kita.

Semoga bermanfaat.

Banghen

Visited 15 times, 1 visit(s) today
cara-sholat-bacaan-shalat-untuk-mualaf
[Klik gambar untuk membeli ebook BUKU PEGANGAN SHALAT MAGHRIB]

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *