Bacaan Sholat Dhuha yang Benar + Doa Setelah Sholat Dhuha yang Shahih

bacaan sholat dhuha lengkap

Apa bacaan Sholat Dhuha dan doa setelah Sholat Dhuha yang shahih dari Sunnah Nabi?

Kita bahas satu persatu ya… mulai dari bacaan Sholat Dhuha hingga Doa Sholat Dhuha apa yang shahih berasal dari Sunnah Nabi shallallahu ‘alaihi wa sallam.

Bacaan Sholat Dhuha yang Benar

Bacaan Sholat Dhuha sama seperti bacaan pada sholat fardhu. Tidak ada bacaan khusus setelah membaca al-Fatihah. Anda boleh membaca surat apa saja dalam al-Quran setelah Anda membaca al-Fatihah, ketika Anda Sholat Dhuha.

bacaan sholat dhuha yang benar

bacaan sholat dhuha yang shahih benar

Tidak ada kewajiban membaca surat tertentu, dan tidak ada anjuran untuk membaca surat tertentu setelah membaca al-Fatihah di dalam Sholat Dhuha.

Sekali lagi, Anda boleh membaca surat apa saja dalam al-Quran setelah Anda membaca al-Fatihah, ketika Anda Sholat Dhuha.

KATANYA ada Hadis Nabi shallallahu ‘alaihi wa sallam yang menganjurkan untuk membaca surat as-Syams pada rakaat pertama dan membaca surat ad-Dhuha pada rakaat kedua.

Namun sayang sekali Hadis ini BUKAN berasal dari Nabi shallallahu ‘alaihi wa sallam.

HADIS INI DHA’IF, BUKAN BERASAL DARI NABI

صلوا ركعتي الضحى بسورتيها : والشمس وضحاها ، و الضحى

“Shalatlah dua rakaat dhuha dengan membaca dua surat dhuha, yaitu surat Was Syamsi Wadhuhaa Haa dan surat adh-Dhuha.”

Hadis tersebut diriwayatkan oleh ar-Ruyani dalam Musnad-nya dan ad-Dailami (2:242) dari jalur Musyaji’ bin ‘Amr. Hadis ini juga disebutkan oleh al-Hafidz Ibn Hajar dalam Fathul Bari Syarh Shahih Bukhari dan tidak dikomentari. Beliau hanya menyatakan bahwa bacaan surat tersebut ada kesesuaian bacaan dengan shalat yang dikerjakan. Namun yang benar, hadis di atas adalah HADIS PALSU. Selengkapnya: https://konsultasisyariah.com/11468-surat-yangdibaca-ketika-shalat-dhuha.html

bacaan doa sholat dhuha

bacaan doa sholat dhuha

Oleh karena itu Anda boleh membaca surat al-Quran apa saja setelah Anda membaca al-Fatihah di dalam Sholat Dhuha.

Sungguh indah perkataan seorang ulama, yaitu Syaikh Ibn Baz rahimahullah:

as-Syaikh Ibn Baz rahimahullah (semoga Allah merahmatinya) pernah ditanya tentang bacaan surat as-Syams dan ad-Dhuha ketika sholat dhuha. Beliau menjawab: “Adapun yang sesuai sunnah Nabi, engkau membaca surat al-Quran yang mudah menurutmu setelah membaca al-Fatihah. Dalam bacaan tersebut tidak ada batasan tertentu, karena yang wajib hanya al-Fatihah, sedangkan tambahannya adalah sunnah. Maka jika setelah al-Fatihah engkau boleh membaca surat as-Syamsi, al-Lail, ad-Dhuha, al-Insyirah, dan surat-surat yang lainnya, ini adalah satu hal yang baik.” (Majmu’ Fatawa dan Maqalat Ibn Baz, 11)

Video Bacaan Sholat Dhuha yang Benar

Saya sudah membuat video tentang bacaan Sholat Dhuha ini di channel Youtube Banghen.com. Anda boleh menontonnya di bawah ini:

***

Doa Setelah Sholat Dhuha yang Shahih

doa setelah sholat dhuha shahih

Apa bacaan dzikir dan doa setelah Sholat Dhuha yang shahih berasal dari Nabi shallallahu ‘alaihi wa sallam?

Sebenarnya, tidak ada doa dan dzikir khusus yang wajib dibaca setelah Sholat Dhuha. Namun, ada satu hadis yang di dalam hadis tersebut Ibunda ‘Aisyah radhiallahu ‘anha pernah menceritakan tentang dzikir dan doa yang dibaca oleh Nabi Muhammad shallallahu ‘alaihi wa sallam setelah setelah Sholat Dhuha. Anda boleh mengamalkan doa setelah Sholat Dhuha ini.

Namun sekali lagi, mengamalkan bacaan ini setelah Sholat Dhuha tidaklah wajib. Namun, jika Anda mengamalkan doa ini tentu lebih baik dan berpahala. Apalagi doa ini shahih berasal dari Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam. Tentu mengamalkannya berpahala karena mengikut tuntunan Nabi shallallahu ‘alaihi wa sallam.

Begini hadis yang saya maksud:

 

عن عائشة رضي الله عنها , قالت : صلى رسول الله صلى الله عليه و سلم الضحى, ثم قال : اللهم اغفر لي , وتب علي ,إنك أنت التواب الرحيم . حتى قالها مائة مرة
صححه الالباني في صحيح الادب المفرد 217,1 حديث رقم 219

Dari ‘Aisyah radhiallahu ‘anha, beliau berkata bahwa Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam mengerjakan Sholat Dhuha. Setelah salam, kemudian beliau mengucapkan:

اللَّهُمَّ اغْفِرْ لِي، وَتُبْ عَلَيَّ، إِنَّكَ أَنْتَ التَّوَّابُ الرَّحِيْمِ

“ALLAAHUMMAGHFIR-LII WA TUB ‘ALAYYA, INNAKA ANTAT TAWWAABUR ROHIIM

Artinya:
“Ya Allah, ampunilah aku dan terimalah taubatku, sesungguhnya Engkau Maha Penerima Taubat lagi Maha Penyayang”. Nabi -shallallahu ‘alaihi wa sallam- membacanya seratus kali. (HR. Bukhari dalam al-Adab al-Mufrad. Syaikh al-Albani mengatakan dalam kitab Shahih al-Adab al-Mufrad bahwa hadis ini shahih)

doa setelah sholat dhuha shahih

Oh ya!
Anda sudah tahu kan bahwa selama ini ada doa setelah Sholat Dhuha yang cukup populer, namun doa ini bukan berasal dari Nabi shallallahu ‘alaihi wa sallam:

اللَّهُمَّ إنَّ الضَّحَاءَ ضَحَاؤُكَ ، وَالْبَهَاءَ بَهَاؤُكَ ، وَالْجَمَالَ جَمَالُك ، وَالْقُوَّةَ قُوَّتُك، وَالْقُدْرَةَ قُدْرَتُك، وَالْعِصْمَةَ عِصْمَتُك اللَّهُمَّ إنْ كَانَ رِزْقِي فِي السَّمَاءِ فَأَنْزِلْهُ ، وَإِنْ كَانَ فِي الْأَرْضِ فَأَخْرِجْهُ ، وَإِنْ كَانَ مُعَسَّرًا فَيَسِّرْهُ ، وَإِنْ كَانَ حَرَامًا فَطَهِّرْهُ ، وَإِنْ كَانَ بَعِيدًا فَقَرِّبْهُ بِحَقِّ ضَحَائِك وَبِهَائِك وَجَمَالِك وَقُوَّتِك وَقُدْرَتِك آتِنِي مَا آتَيْت عِبَادَك الصَّالِحِينَ

Darimana sumber doa setelah Sholat Dhuha di atas? Doa ini disebutkan oleh as-Syarwani dalam Syarhul Minhaj (7:293) dan Abu Bakr ad-Dimyathi dalam I’aanatut Thalibiin (1:295). Namun kedua penulis ini tidak menunjukkan dalil bacaan ini. Tim fatwa Syabakah Islamiyah, di bawah bimbingan Dr. Abdullah al-Faqih memberikan komentar terhadap doa setelah Sholat Dhuha yang “terlanjur” populer tersebut: “Kami tidak mendapatkan dalil kuat yang menunjukkan adanya doa ini pada referensi-referensi yang kami miliki.” (Fatawa Syabakah Islamiyah, no. 53488). (Keterangan ini kami nukil dari tulisan ustadz Ammi Nur Baits: https://konsultasisyariah.com/10588-doa-shalat-dhuha.html)

doa sholat dhuha

Bolehkah doa setelah Sholat Dhuha di atas kita amalkan?

Sebelumnya, saya ingin mengingatkan diri saya pribadi dan Anda tentunya. Prinsip kita dalam melakukan ibadah harus ada landasan ajarannya dalam al-Quran dan Hadis Nabi shallallahu ‘alaihi wa sallam. Ibadah dalam agama Islam bersifat tauqifiyah, yaitu menunggu dalil. Maksudnya adalah harus ada landasan dalil dan ajarannya dari Nabi kita Muhammad shallallahu ‘alaihi wa sallam. Cek terlebih dahulu di dalam al-Quran dan Hadis Nabi yang shahih, apakah pernah Nabi kita shallallahu ‘alaihi wa sallam mengajarkannya? Apakah ada para sahabat Nabi -radhiallahu ‘anhum- mengerjakannya?

Jangan pula lupa bahwa ajaran agama Islam ini sudah sangat sempurna. Semuanya sudah disampaikan oleh Nabi Muhammad shallallahu ‘alaihi wa sallam kepada kita semua. Tidak ada satupun yang beliau sembunyikan. Jika sudah sempurna, buat apa kita cari-cari bentuk ibadah yang tidak ada sumber dalilnya dalam ajaran Islam? Apapun bentuk ibadah yang kita amalkan dalam ibadah kita sehari-hari, harus ada landasan dalilnya dari al-Quran dan Hadis Nabi shallallahu ‘alaihi wa sallam, karena keduanya adalah sumber ajaran Islam.

***

Dzikir Setelah Sholat Sunnah dan Sholat Fardhu

Ada juga dzikir yang lainnya yang diajarkan oleh Nabi shallallahu ‘alaihi wa sallam kepada kita. Doa ini dapat kita baca setiap kita selesai mengerjakan sholat. Dzikir ini pun dapat Anda amalkan setiap Anda selesai mengerjakan Sholat Dhuha.

Dalil doa ini adalah berasal dari Hadis Tsauban radhiallahu ‘anhu. Beliau menceritakan dzikir yang dibaca Nabi shallallahu ‘alaihi wa sallam setelah beliau selesai sholat,
Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam setiap selesai sholat, beliau membaca istighfar 3 kali:
أَسْتَغْفِرُ اللهَ
أَسْتَغْفِرُ اللهَ
أَسْتَغْفِرُ اللهَ

ASTAGHFIRULLAAH (Aku mohon ampun pada Allah)
kemudian membaca,

اللهُمَّ أَنْتَ السَّلَامُ وَمِنْكَ السَّلَامُ، تَبَارَكْتَ يَا ذَا الْجَلَالِ وَالْإِكْرَامِ

ALLAHUMMA ANTAS SALAAM (Ya Allah, Engkaulah pemberi keselamatan)
WA MINKAS SALAAM (dan dari-Mu keselamatan)
TABAAROKTA (Maha Suci Engkau)
YAA DZAL JALAALI WAL IKROOM (Wahai Yang Memiliki Keagungan dan Kemuliaan)
(HR. Muslim 591, an-Nasaa-i 1337, dan yang lainnya)

Dzikir setelah sholat ini dapat Anda baca setelah sholat, baik itu Sholat Wajib (Sholat Fardhu) maupun Sholat Sunnah. Keterangan ini ditegaskan oleh Syaikh Bin Baz dalam fatwa beliau (http://www.binbaz.org.sa/noor/2648)

Jadi, doa ini dapat Anda amalkan juga setelah Sholat Dhuha, karena Sholat Dhuha juga termasuk Sholat Sunnah.

Kemudian Syaikh Bin Baz membawakan Hadis Tsauban di atas. Lalu beliau mengatakan,
ولم يقل المكتوبة، فدل على أنه في كل صلاة، النافلة والفرض
Tsauban tidak mengatakan “setelah Sholat Wajib”. Ini menunjukkan bahwa dzikir tersebut dibaca di setiap selesai shalat. Baik Sholat Sunnah maupun Sholat Wajib. (Demikianlah keterangan Syaikh Bin Baz yang kami nukil dari tulisan ustadz Ammi Nur Baits ini: https://konsultasisyariah.com/23363-dzikir-setelah-shalat-sunah.html)

***

Video Doa Setelah Sholat Dhuha yang Shahih Sesuai Sunnah

Saya juga sudah membuat video tentang doa setelah Sholat Dhuha yang shahih sesuai sunnah Nabi shallallahu ‘alaihi wa sallam di channel Youtube Banghen.com. Anda boleh menontonnya di bawah ini:

***

Semoga tulisan kecil tentang bacaan Sholat Dhuha dan doa setelah Sholat Dhuha yang shahih dari Sunnah Nabi shallallahu ‘alaihi wa sallam ini bermanfaat untuk kita semuanya.

 

REFERENSI DOA SETELAH SHOLAT DHUHA

-http://www.ajurry.com/vb/showthread.php?t=13366
-https://library.islamweb.net/hadith/display_hbook.php?bk_no=141&pid=96905&hid=617

Ustadz Ammi Nur Baits
-www.KonsultasiSyariah.com

Ustadz Muhammad Abduh Tuasikal
-www.Rumaysho.com

Kata kunci:

bacaan shallat duha, doa setelah sholat dhuha bukhari fathul bari, doa sholat dhuha rumaysho...

(Visited 4,499 times, 17 visits today)

Leave a Reply